Powered By Blogger

Rabu, 13 Mei 2009

MENGENAL WINDOWS VISTA

Windows Vista adalah sebuah proyek besar dalam sejarah operating system. Tadinya proyek ini diberi kode nama “Longhorn” dan hanya akan menghadirkan beberapa perubahan kecil dari Windows XP. Proyek ini sendiri mulai dikembangkan pada tahun 2001 dengan rencana rilis pada tahun 2003. Namun setelah proyek berjalan, Microsoft merasa perubahan kecil tidaklah cukup karena versi berikutnya dari Windows haruslah merupakan sebuah operating system dengan versi terbaru yang didukung oleh tampilan, pengembangan,dan ratusan fitur baru yang ditawarkan. Hampir tiga tahun berselang, lahirlah Windows Vista sebagai perwujudan dari ambisi Microsoft tersebut. Operating system ini hampir sama de ngan Windows XP, di mana Anda tidak akan merasa asing ketika menggunakannya.
Windows Vista menawarkan beberapa fitur baru, program, dan tools baru yang didesain untuk membuat PC Anda lebih powerful, memiliki produktivitas tinggi dan lebih menyatu dengan kegiatan Anda sehari-hari. Ini adalah pencapaian yang menakjubkan.Ada tiga perubahan yang sangat penting dalam Windows Vista. Pertama adalah interface yang lebih user friendly, funky, dan enak dilihat. Kedua adalah kemampuan searching file yang sangat cepat daan akurat, dan yang terakhir adalah security system yang diintegrasikan dalam Windows Vista. Kami akan jelaskan lebih lanjut ketiga perubahan tersebut. Banyak perubahan di sana-sini yang terjadi pada Windows Vista. Apa saja perubahan tersebut?
Tampilan Baru Interface dari Windows Vista sama sekali berubah sejak saat Anda menekan tombol On. Tombol start button pada Windows XP yang tadinya berwarna hijau berubah menjadi berwarna biru dan start menu terorganisasi berbeda dibandingkan dengan Windows XP. Persamaan masih terlihat pada sama desktop Windows XP, seperti taskbar dengan notification area di sebelah kanan dan quick-l aunch area di sebelah start button. Namun selain itu, seluruh fitur yang ditawarkan dalam desktop benar-benar berbeda. Pada Windows Vista Icons memiliki resolusi tinggi dan berbentuk tiga dimensi, taskbar semi transparan sama halnya dengan border dari masing-masing jendela (window), dan Anda akan menemukan banyak “gadgets” pada sisi kanan desktop tersebut yang terbentuk secara vertikal. Secara keseluruhan, warna dari desktop benar-benar soft dan cantik. Seperti yang sudah Anda harapkan, terlihat jelas pada tampilan desktop-nya. Windows Vista mudah untuk dikustomisasi. Dan yang lebih mengejutkan adalah tools dan shortcuts yang sudah Anda kenal dalam Windows XP sudah dipindahkan.
Contohnya, ketika Anda mengklik kanan mouse, maka dan emilih properties dalam dialog box, maka secara instan Anda isa mengubah screen resolution, mengganti wallpaper, dan melakukan tweaking terhadap graphic driver. Hal tersebut tidak kan Anda temukan pada Windows XP. memang memerlukan sedikit usaha untuk beradaptasi terlebihdahulu terhadap Windows Vista, terutama yang baru benar-benar me ngenal Windows. Namun tentunya, perubahan memang diperlukan untuk menjadi lebih baik tentunya.Smart Searching Pada Windows Vista tampilan search engine berubah cukupdrastis. Search box bisa Anda temukan di start menu dan satulagi di dalam setiap folder yang Anda buka. Ini berarti pencarianuntuk suatu file akan lebih instan dan mudah. Hal ini akanmengubah cara bekerja, di mana yang tadinya Anda memakaicara konvensional untuk mencari file, maka Anda akan berubahmenjadi “location agnostic”. Jika biasa menggunakan searchengine seperti Copernic Desktop Search atau Google, Andaakan sadar apa yang kami maksud. Cara paling cepat untukmencari sebuah file, dokumen, gambar, atau e-mail tertentuadalah dengan cara mengetikkan keyword yang berhubungandengan file yang kita cari tersebut bukan dengan mencarinyasatu per satu melalui folder kemudian sub folder untuk menemukanfile yang kita cari.Search engine pada Windows Vista sudah mendukungmetadata. Metadata adalah informasi tersembunyi yang adadalam suatu file. Seorang fotografer biasanya paham tentangmetadata yang di mana biasanya mereka memasukkan datacopyright dan informasi lain pada gambar berformat JPG hasil“jepretan” kamera mereka. Kebanyakan dari kita me ngenal metadata pertama sejak era file MP3, di mana file MP3 mengandungsemua informasi tentang artist, album, genre, danlain sebagainya. Saat ini kebanyakan MP3 player mampu menampilkanmetadata tersebut ketika memainkan file MP3.
Pada Windows Vista, metadata pada suatu file secara defaultakan dimasukkan dalam pencarian yang Anda lakukan.Solid SecurityFitur keamanan yang tangguh menjadi inovasi ketiga sekaligusyang terpenting dalam Windows Vista. Membuat komputerAnda aman adalah hal terpenting dibandingkan meng-upgradePC Anda secara revolusioner. Namun, Microsoft seper-tinya membuat suatu perubahan yang cukup berarti dalam halkeamanan operating system-nya. Windows Firewall yang dimilikinyakini menjadi dua arah (two way), yang berarti opera tingsystem bisa memonitor network communication secara inboundataupun outbond. Sebelumnya Firewall pada Windows XP hanyabisa memonitor secara inbound saja, di mana Anda hanyabisa mencegah serangan hacker untuk masuk dalam PC Anda.Berikutnya Windows Defender. Microsoft anti-spyware inisecara default dalam posisi on ketika pertama menginstalnya.Tool ini melindungi PC Anda dari malicious software. InternetExplorer yang Anda gunakan juga berjalan dalam mode “protected”ketika Windows Defender dalam kondisi on. Mode iniakan menampilkan dialog box dan membutuhkan izin Andadalam setiap aksi atau kegiatan yang dicurigai oleh WindowsDefender, misalnya seperti Anda men-download file, menginstalaplikasi tertentu atau menjalankan ActiveX Controls.Fitur security yang menjadi Andalan dari Windows Vistadinamakan UAC (User Account Control), di mana saat pertamaAnda menggunakan Windows Vista pasti akan dihadapkandengan fitur ini. User Account Control akan muncul berbentukwindow pop-ups, di mana setiap kali Windows akan melakukanproses yang dinilai memungkinkan akan merusak sistem, makapop-ups tersebut akan muncul. Screen akan berubah menjadigelap, dan terhenti kemudian akan muncul pop-ups dialog boxyang mengharuskan Anda memilih antara continue atau cancelterhadap proses yang sedang Anda jalankan.Untuk kali pertama, mungkin hal ini akan cukup mengganggu.Namun, lambat laun Anda akan terbiasa oleh UAC tersebut.Untuk sebagian orang mungkin hal ini akan sangat mengganggu,karena sedikit-sedikit Anda akan dihadapkan denganpop-up window, namun demi keamanan PC Anda, mengapatidak?
Memang benar pendapat bahwa bahaya yang terbesar darisuatu sistem itu adalah user dari system itu sendiri. Jadi bijaksanalahdalam menentukan setiap keputusan ketika Anda berhadapandengan pop-up UAC tersebut, bacalah secara telitidan lanjutkan dengan hati-hati. Jika hal tersebut dirasa sudahcukup mengganggu, Anda bisa mengubahnya secara manualdengan memodifikasi user account privileges meskipun haltersebut tidak disarankan.Windows Vista VersionsMicrosoft tidak hanya membuat satu versi dari Windows Vista,namun lima versi termasuk yang keenam adalah versi “starter”untuk melengkapi pasar, di mana pada setiap versinya terdapatversi 64-bit untuk PC high-end.

Windows Vista tersedia dalam 32-bit dan 64-bit computing. Jadi,manakah Windows Vista yang tepat bagi Anda? Sudah jelas, jikaAnda tidak memiliki processor dengan spesifikasi 64-bit, makaWindows Vista 64-bit tidak perlu Anda lirik. Namun jika processorAnda sudah 64-bit, maka Anda bisa melirik Windows Vista 64-bit tersebut. Namun perlu kami ingatkan, Anda akan memerlukandriver 64-bit untuk beberapa hardware devices dalam PC Anda.Pastinya 64-bit computing adalah teknologi untuk masa depan,namun sepertinya Microsoft dan para produsen hardware devicelebih memilih mengembangkan platform untuk Windows Vista32-bit untuk beberapa tahun ke depan. Jadi, untuk saat ini kamisarankan Anda menggunakan Windows Vista 32-bit saja.

Windows Vista Home Basic
seluruh core fitur dari Windows Vista, termasuk Firewall terbaru,Security Center yang lebih baik, Parental Controls, WindowsSearch, dan lain sebagainya.
Windows Vista Home PremiumCore fitur sama dengan Windows Vista Basic, namun ditambahdengan Aero Theme, Media Center, dan DVD burning terintegrasi.Anda membutuhkan versi ini jika ingin menginstal Windows Vistapada Tablet PC. Fitur Mobility Center yang dimilikinya cocok digunakanpada laptop dibandingkan dengan versi Basic.

Windows Vista Business
Hampir sama dengan Home Premium, namun fitur Media Centerdan aplikasi movie/DVD dihilangkan. Sebagai gantinya, Andaakan mendapatkan fitur remote desktop, domain support, integratedfile and folder encryption, dan tools lain yang mengarah kebusiness. Versi ini juga bisa diinstal dalam Tablet PC.

Windows Vista Enterprise
Sama dengan versi Business ditambah dengan seluruh fitur driveencryption, multi-language interfaces, dan virtual PC Express untukbisa menjalankan operating system alternatif dalam environmentwindow. Contohnya, Anda tetap bisa menjalankan programatau aplikasi lama Anda di Windows XP langsung di dalam WindowsVista.

Windows Vista Ultimate
Seluruh spesifikasi yang sudah disebutkan di atas, ditambah denganUltimate Extras.

0 komentar:

 

blogger templates | Make Money Online