Powered By Blogger

Rabu, 13 Mei 2009

Fitur-fitur tambahan Windows Vista

Beberapa fitur baru sudah tersedia pada Windows Vista yang berbeda dengan Windows XP.

Aero Glass
Aero hanyalah sebuah themes di mana ia dilengkapi dengan kualitas tampilan yang bagus. Jauh sebelumnya, aplikasi third-party yang banyak beredar juga sudah mampu menampilkan efek seperti Aero. Namun di Windows Vista, efek seperti ini menjadi default interface yang sudah secara otomatis ada saat Anda menginstal operating system ini ke dalam PC Anda.
Aero akan menampilkan efek transparan yang sangat halus pada setiap window. Selain itu, ujung dari window tersebut membentuk lengkungan, sangat enak dilihat dan masih ditambah dengan efek bayangan. Tombol pada setiap aplikasi, dialog window, dan web pages akan menyala ketika kursor mouse menunjuk ke tombol tersebut dan bahkan tombol OK atau Apply pada setiap dialog box memiliki efek tersendiri. Fitur Aero Glass, di antaranya background yang cantik, animasi interaktif, dan efek transparencey. Seluruh efek tersebut membuat Anda akan menjadi lebih rileks, terutama mata Anda akan lebih segar dan nyaman ketika sedang bekerja menggunakan themes tersebut.

Flip dan Flip 3D
Dalam Windows XP, Anda bisa memilih di antara beberapa aplikasi yang sudah dijalankan dengan cara menekan [Alt] + [Tab] pada keyboard, di mana kemudian akan muncul pop-up menu yang menampilkan icon dari beberapa aplikasi yang sudah berjalan tersebut. Namun, Anda akan cukup kesulitan membedakan antara satu icon dengan icon yang lain. Contohnya ketika Anda membuka beberapa window Internet Explorer secara bersamaan, tentunya icon hanya akan menampilkan icon IE saja, bukan isi di dalamnya.
Dalam Windows Vista, Anda juga bisa melakukan hal yang sama, shortcut yang digunakan juga masih sama. Hanya saja, Anda akan terkejut melihat hasil yang ditunjukkan oleh Windows Vista, sama sekali berbeda dengan Windows XP.
Pada Windows Vista, icon yang tadinya kecil berubah menjadi besar berbentuk live thumbnails yang menampilkan isi dari window aplikasi yang sedang berjalan, termasuk aplikasi animasi atupun video tentunya. Contohnya, jika Anda membuka sebuah halaman web yang sedang menampilkan flash movie atau Anda sedang menonton film DVD melalui Windows Media Player, maka Anda akan bisa tetap melihatnya meskipun sedang dalam bentuk thumbnails. Fitur inilah yang disebut dengan Flip, di mana selain menarik, Anda juga akan lebih mudah menemukan mana Window yang ingin dibuka. Untuk melakukan Flip di antara beberapa window tersebut, cukup tekan tombol [Tab] sambil tetap menahan tombol [Alt].
Selain itu, Windows Vista juga menawarkan fitur Flip 3D. Gunakan tombol Windows yang ada pada keyboard Anda di tambah dengan tombol [Tab] dan Anda akan memperoleh tampilan yang lebih besar dibandingkan thumbnails untuk window yang sudah terbuka dengan efek 3D-nya. Setiap Anda menekan tombol [Tab], maka window akan berpindah ke aplikasi berikutnya. Anda juga bisa menggunakan mouse scroll atau tanda panah dari keyboard untuk melakukan hal tersebut.

Taskbar Thumbnails
Masih dalam bentuk live thumbnails, sekarang kita beralih ke Taskbar. Pindahkan kursor mouse Anda ke tombol Taskbar dan kemudian akan mucul pop-ups berupa thumbnails dari window tersebut. Thumbnails ini akan menunjukkan isi sebenarnya dari window, sehingga akan memudahkan Anda dalam memiliih mana window yang ingin dibuka.

Windows Sidebar dan Gadgets
Pada sebelah kanan desktop Windows Vista dalam PC Anda, akan ditemukan beberapa hal yang mengundang perhatian. Kemungkinan di sana akan ada sebuah jam analog yang bekerja layaknya sebuah jam dinding. Selain itu, ada juga beberapa gambar yang ditampilkan secara bergantian dalam sebuah jendela kecil. Beberapa hal yang muncul tersebut disebut dengan gadgets atau aplikasi mini yang berjalan secara default pada Windows Sidebar. Anda bisa secara bebas menentukan gadgets yang ingin digunakan pada sidebar sesuai kebutuhan Anda.

Start Button Baru
Saat Anda mengklik start button, seperti biasa PC Anda akan mati. Namun berbeda dengan Windows XP, start button pada Windows Vista sudah diperbaiki. Ada dua pilihan turn-off pada start menu, yaitu Sleep dan Lock. Mode Sleep hampir sama dengan Hibernate. Jika Anda mematikan PC dengan mode ini, maka seluruh proses sistem dan aplikasi yang sedang dibuka akan disimpan pada saat Anda mematikan PC, sehingga Anda bisa secara cepat menyalakan PC Anda pada keadaan sama persis ketika sebelum Anda mematikan PC. Perbedaannya dengan hibernate adalah PC Anda tidak sepenuhnya dimatikan, namun tetap diberi daya namun sangat kecil sehingga PC Anda akan menyala lebih cepat dibandingkan mode Hibernate. Mode Lock akan secara otomatis mengembalikan Anda ke Windows Welcome Screen, di mana Anda diharuskan mengisi user account dan password lagi. Mode Hibernate tetap dipertahankan dalam
Windows Vista, sama seperti restart dan shutdown. Untuk menampilkan mode Sleep mode menjadi pilihan default untuk mematikan PC Anda.
Berbeda dengan pengguna PC, para pengguna laptop kami sarankan untuk memilih mode Hibernate dibandingkan mode Sleep, karena mode Sleep akan menghabiskan baterai meskipun daya yang dipakainya cukup sedikit. Karena memang daya utama yang dipakai dalam laptop adalah baterai.

0 komentar:

 

blogger templates | Make Money Online